Wednesday, 16 November 2016

Bahaya dan Manfaat Situs Sosial

Sosialisasi Masyarakat
 Manfaat dan Dampak Negatif Penggunaan Jejaring Sosial Teman-Teman Apotik Pajang 



A.BAB 1
1.1 Latar Belakang
Jejaring sosial saat ini sedang digemari oleh semua orang, dan tidak mengenal status orang. Orang kaya, orang miskin, pelajar, mahasiswa, orang tua, anak muda, orang desa, orang kota, semua dapat mengakses jejaring sosial. Karena Di zaman maju saat ini, jejaring sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam kegiatan berkomunikasi maupun dalam menerima informasi. Sebab dengan adanya jejaring sosial, komunikasi dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan ekonomis baik nasional maupun internasional.
Jejaring sosial jugadigunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik. Kebutuhan akan informasi mendorong manusia untuk lebih mengerti akan kecanggihan beragam teknologi yang hadir saat ini. Teknologi tersebut mencakup banyak hal mulai dari kesehatan, ekonomi, bisnis sertai pendidikan. Beberapa teknologi komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini adalah jejaringg sosial adalah Twitter,Skype,BBM,Line,Kakao Talk,Instagram,Facebook,Path ,WeChat,Chat On dan masih banyak lagi.Hampir seluruh lapisan masyarakat mengenal dan menggunakan dari beberapa jejaring sosial tersebut. Tanpa disadari perkembangan jaringan yang ada semakin maju dan dirasakan mengalami perkembangan yang pesat. Semakin banyak yang harus dipahami, semakin banyak yang harus diketahui dan banyak yang mengalami perubahan. Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi,pasti akan bertambah banyak jejaring social yang akan muncul di tengah-tengah masyarakat.Yang dapat diakses dengan mudah.Selain itu pasti juga akan membawa pengaruh positif dan negative bagi masyarakat atau kalangan yang menggunakan jejaring social tersebut.Akan tetapi kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini tidak sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan juga nilai-nilai budipekerti yang luhur.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud Jejaring Sosial?
2. Tuliskan macam – macam jejaring sosial ?
3. Apa saja manfaat adanya jejaring sosial ?
4. Apa saja dampak negatif dari jejaring sosial ?
5. Apa saja jenis kejahatan yang dapat terjadi dalam ruang lingkup jejaring sosial?
6. Bagaimana cara mencegah dampak negatif dalam jejaring sosial dari sudut pandang sosial ?

1.3 Tujuan Penelitian
1Untuk memenuhi kebutuhan nilai dalam mata pelajaran sosiologi.
2.Mengetahui lebih dalam tentang jajaring sosial
3.Mengenal macam – macam jejaring sosial
4.Mengetahui manfaat atau dampak positif jejaring social.
5.Mengetahui dampak negative dari jejaring social.
6.Mampu memanfaatkan jejaring sosial sesuai kebutuhan.

1.4 Manfaat Penelitian
1.Manfaat penelitian ini adalah menambah wawasan pembaca mengenai dampak negatif dari situs jejaring social pada pertumbuhandan perkembangan remaja Indonesia.


 B.BAB 2

2.1 Kajian Pustaka
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

2.2 Kerangka Berfikir Penjelasan









1.Pengguna Sosial Media Orang atau individu,masyarakat,semua golonganatau kalangan yang menggunakan jejaring social.
2.Interaksi Penggunaan jejaring social oleh pengguna jejaring social tersebut.
3.Dampak positif atau Manfaat Beberapa pengaruh atau manfaat yang baik untuk pengguna jejaring social dari penggunaan jejaring social.
4.Dampak negative Beberapa pengaruh buruk dari penggunaan jejaring social. 5.Jejaring Sosial Beberapa aplikasi yang sering di gunakan oleh pengguna jejaring social atau individu. 6.Proteksi Cara yang bisa kita lakukan untuk membatasi diri kita dari pengaruh buruk yang mungkin terjadi di kalangan jejaring social.

 C.BAB 3 METODE PENELITIAN

3.1 Subjek dan Objek Penelitian
1.Subjek panelitian,yaitu disebut juga ressponden adalah pihak-pihak yang dijadikan sebagai sampel dalam sebuah penelitian. Subjek penelitian juga membahas karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian, termasuk penjelasan mengenai populasi, sampel dan teknik sampling (acak/non-acak).Dipenelitian ini menggunakan random sampling..Ada 10 orang yang di jadikan subjek panelitian,antara lain :Ian,Ichus,Ika,Nanda,Betania,Kenny,Puji Noer,Yohana,Happy.
 2.Objek panelitian adalah hal yang menjadi sasaranPenelitian atau himpunan elemen yang dapat berupa orang, organisasi atau barang yang akan diteliti,kemudian dipertegas untuk mendapatkan data secara lebih terara.Di penelitian ini ada 6 jejaring sosial yang di jadikan objek panel,antara lain:Facebook,Line,BBM,Instagram,KakaoTalk,Skype

3.2 Teknik Pengumpulan Data
1.Teknik random sampling,yaitu teknik pengumpulan data dari kelompok dengan secara acak sederhana. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 10 orang untuk dijadikan sampel dari 20 orang yang ada diapotik pajang.
2.Teknik Kuesioner dengan pertanyaan terbuka,yaitu teknik pengambilan data dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada sampling tanpa menyediakan jawaban. Dalam penelitian ini peneliti memberikan pertanyaan-pertanyaan pada tanggal 26 januari 2015 diapotik pajang.Ada pun pertanyaannya sebagai berikut:
a.Jenis jejaring social apa yang sering anda gunakan?
b.Apa manfaat dari jejaring social yang anda gunakan/
c.Apa dampak negative dari jejaring social yang anda gunakan?
d.Cara apa yang anda gunakan untuk membatasi diri atau mencegah dampak negative serta kejahatan yang mungkin terjadi di kalangan jejaring soaial.

3.3 Analisis Data
Mayoritas pengakses jejaring sosial lebih menyukai Facebook dibanding Twitter Menurut responden menganggap Facebook menarik karena bisa menghubungkan pertemanan , menggalang people power/ kekuatan rakyat , serta dapat membaca status , yang kemudian yang bisa dikomentari , Pengguna jaringan sosial mayoritas belum sadar dan tidak sadar akan dampak negatif jejaring social.Kedua Mayoritas pengakses jejaring sosial lebih menyukai BBM karena di anggap lebih efesien,menarik hampir sama seperti Facebook.Akan tetapi hanya perangkat seluler tertentu yang bisa menggunakan aplikasi ini.


D.BAB 4 PEMBAHASAN
4.1 Macam-macam Jejaring Sosia
1. Facebook adalah sebuah layanan jejaring social dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya
2. Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret 2006 dan secara resmi diluncurkan pada bulan Juli 2006. Twitter adalah jejaring sosial sejenis micro-blogging --blog ukuran kecil dari sisi jumlah kata yang bisa diupload (hanya 140 karakter).
3. Line adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk kegiatan berkirim pesan (messenger / chatting) secara gratis di perangkat smartphone. Namun, aplikasi Line sebenarnya juga bisa disebut sebagai aplikasi jejaring sosial karena terdapatnya fitur timeline sebagai wadah untuk berbagi status, pesan suara, video, foto, kontak dan informasi lokasi.Dengan aplikasi Line kita juga bisa melakukan voice call maupun video call secara real time dan gratis.
 4. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid.
5. Kakao Talk adalah sebuah aplikasi messenger lintas platform yang tersedia bagi pengguna smartphone. KakaoTalk memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan tanpa membayar karena ia menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan pesan tersebut. KakaoTalk juga dilengkapi dengan fitur file sharing, group chat, dan fitur - fitur lainnya.
6. Path adalah jejaring sosial pribadi untuk berkirim pesan serta berbagi momen tentang musik, video, foto dan lain-lain.Path dapat share ulang atau membagikan lagi semua jenis momen kita ke jejaring sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Foursquare, dan Wordpress. Dulu Path memberikan kita 150 kontak, itu batas terbanyak dari kontak kita, tetapi sekarang bisa lebih, atau malah tak terbatas. Hal tersebut cukup untuk berbagi sesuatu dengan teman dekat dan keluarga kita. Aplikasi Path digunakan pada smartphone yang menggunakan iOS,atau Android atau Windows Phone sebagai sistem operasi mobile mereka.
7.Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara
8. BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry,Android dan iOS. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam.

4.2 Manfaaat Jejaring Sosial
1.Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan teman. Dengan jejaring sosial kita dapat berkomunikasi dengan orang lain meski jarang bertemu.
2.Sarana untuk berbagi. Maksudnya yaitu kita dapat berbagi pengalaman hidup atau suatu informasi yang kita dapat. 3.Sarana untuk berekspresi. Yaitu kita dapat menulis bebas baik berupa puisi, pantun, ataupun sebuah artikel.
4.Sebagai sarana untuk promosi yaitu Kita dapat mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook maupun blog pribadi.
5.Sebagai sarana diskusi
6.Sebagai tempat curhat

4.3 Dampak Negative Jejaring Sosial
1.Cenderung menjadi malas belajar,
2.Membuat belajar menjadi tidak fokus, 3.Dapat membuang – buang waktu yang berharga,
4.Menghabiskan uang hanya untuk internetan,
5. Akan membuat mata menjadi mint ( – ), apabila lama – lama berada di depan komputer, laptop, atau ponsel,
6.Lupa akan waktu.

4.4Kejahatan Yang Mungkin Terjadi di Jejaring Sosial
 1. Penipuan, seperti menawarkan barang, padahal barangnya tidak akan dikirim,
 2. Pembajakan, seperti akun media sosial yang tidak di keluarkan dan akhirnya ada yang memakai akunnya,
 3. Menyebarkan virus,
 4. Penculikan lewat akun media sosial,
 5. Pemerasan, mengancam lewat akun media sosial dengan cara bertahap.

4.5 Cara Mencegah Dampak Negatif Dalam Jejaring Sosial
1.Memilih – milih teman dalam bergaul, karena jika ada salah satu teman kita yang jika membuka internet,lebih suka bermain game dari pada mengerjakan tugas atau mencari wawasan, maka kita akan terbawa,
2. Lingkungan keluarga pun sangat berpengaruh bagi pencegahan adanya dampak negatif, orang tua yang tidak pernah mengontrol anak – anak mereka, akan menyebabkan lebih mudahnya dampak negatif dari jejaring sosial menjalar pada anak mereka,
3.Buatlah jadwal internet sesuai dengan keperluan saja.
4. Kuatkan iman agar tidak terbawa oleh hal – hal yang buruk,
5.Kuatkan niat kita untuk membuka internet hanya untuk mengerjakan tugas ataupun mencari informasi yang positif,
6.Membuka internet seperlunya saja untuk hal – hal yang penting agar tidak membuang – buang uang atau boros, agar uang kita tidak mubazir,
7.Lebih berpikiran positif, bahwa internet adalah tempat mencari wawasan bukan tempat mencari hal – hal yang negatif.

 E.BAB 5 PENUTUP
 5.1 Kesimpulan
 Jejaring sosial merupakan suatu hal yang tak bisa di lepas dari kita saat ini, bahkan dalam perjalanannya, jejaring sosial sekarang telah mengubah cara hidup kita dalam beberapa tingkatan,sehingga bisa di katakan jejaring sosial menjadi sebuah media yang penting dalam masyarakat (technological determinism). Dan jejarinng sosial itu tak hanya menjadi sebuah media yang penting namun juga telah berubah menjadi sebuah identitas diri seseorang, kita bisa melihat bagaimana sebuah jejaring sosial berubah fungsi menjadi “mulut kedua” seseorang, sehingga menjadikan jejaring sosial sebagai wakil diri di dunia maya, dan tentu dengan sebagai perwakilan diri di dunia maya, maka tentunya kita akan selalu menunjukan sisi positif dari diri kita (salience) sehingga terkadang realita yang ada dengan apa yang ada di dunia maya berbeda, namun tentunya tak semua orang berperilaku seperti itu, penggunaan dari setiap orang tentunya berbeda – beda di jejaring sosial.
 Walaupun jejaring sosial memiliki banyak manfaat, tetapi juga memiliki dampak yang buruk bagi kita. Kita juga dapat menemukan bahkan memberikan informasi kepada siapa saja yang membutuhkan. Jejaring sosial juga penting dalam kehidupan kita sehari-hari.
 5.2 Saran
 Disarankan untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada serta memanfaatkan jejaring sosial secara benar dan sesuai dengan norma-norma di masyarakat, karena selain untuk pertemanan, jejaring sosial lebih baik dimanfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut : Untuk pelajar, dapat memanfaatkan Facebook untuk metode pembelajaran online sehingga belajar dan mengajar tidak monoton dan lebih fun. Kita perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook, Twitter, dan lain - lain. Membuat group untuk sarana diskusi pelajaran. Berbagi informasi penting, misalnya dengan mempostingkan link, membuat status, atau notes yang berisi tentang suatu informasi yang berguna. Menyalurkan hobi menulis dengan menggunakan fasilitas note. Memanfaatkan Facebook untuk media penyimpanan data. Seperti video, mp3 dan foto.
 Dalam pemakaian jejaring sosial kita harus pintar-pintar agar tidak mendapatkan masalah, juga tidak mudah tergoda dalam situs-situs yang menggiurkan. Dianjurkan dalam mengunakan jejaring sosial agar tidak melakukan hal-hal yang berbentuk kriminalisme dan jangan percaya informasi yang belum terbukti. Maka dari itu gunakanlah media jejaring sosial dengan sebaik-baiknya.

 F.DAFTAR PUSTAKA
http;//rina99dotcom.wordpress.com
brainly.co.id/tugas/310634 id.wikipedia.org/wiki/panel
hamtox.blogspot.com/2013/07/makalah.sosial-network-jejaring.html
https;//maritaatiunnisa.wordpress.com/2014/01/019/

No comments:

Sosial Media

Facebook  Google+ Instagram Yahoo