“SKIN CARE NAAVAGREEN”
Disusun Oleh :
Miftah Ismi Sahid 15.22.0043
Wahyu Fitriyani 15.22.0046
Danan Widiarti 15.22.0027
Rejeki Pratama 15.22.0044
Lia Sri Keswari 15.22.0022
Nia Avila 15.22.0037
D3 AKUNTANSI REG. 2
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI SURAKARTA
TAHUN ANGKATAN 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan suatu anugerah pada kami
sehingga kami dapat menyusun tugas makalah tentang Analisi Usaha
Perawatan “ NAVA GREEN SKIN CARE “ Karena itu kami berterima kasih kepada
pengajar yang telah memberikan kami pelajaran mengenai pengantar bisnis.
Didalam makalah ini kami akan menjelaskan salah satu contoh Usaha Skin Care
“Nava Green Skin Care” mengenai sejarah berdirinya usaha, bagaimana cara pemasaran,
jenis perawatan yang ditawarkan, jenis produk yang ada, keunggulan produk,
serta manfaat setiap produk . Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan lewat
makalah ini dan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Surakarta, 15 Desember 2015
Penulis
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan jaman
banyak tempat perawatan tubuh atau skin care yang bermunculan. Dari beberapa
skin care tentunya ada nilai lebih dan kurang dari setiap produknya. Contohnya
Ella skin care, Navagreen skin care, Larissa, LBC, Natasha. Dan konsumen dapat
memilih sesuai dengan kualitas, hasil, dan manfaat dari perawatan yang dipilih.
Dari beberapa pengamatan kualitas skin care kelompok kami memilih menganalisis
Navagreen skin care dengan alasan Navagreen skin care produknya alami dan
natural. Tidak banyak mengandung bahan kimia dan hasilnya memuaskan. Dan dari
segi pelayanan bagus dan ramah.
2.
Sejarah Usaha
Perawatan kesehatan badan
dan kecantikan kulit sudah dilakukan oleh masyarakat kita sejak dulu kala.
Bahkan di masyarakat, proses perawatan itu sudah menjadi budaya dan tradisi
yang sejak dulu ada. Kemudian dalam perkembangannya, pada sekitar abad ke 19,
masyarakat mulai dikenalkan dengan proses perawatan dengan pemakaian kosmetik,
semuanya itu memiliki tujuan yang sama, yaitu selain untuk kecantikan juga
untuk kesehatan.
Memasuki jaman teknologi
seperti saat ini, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa produk kosmetik dan
perawatan yang sehat dengan menggunakan kemajuan teknologi sangat diperlukan
oleh manusia, baik laki laki maupun perempuan. Berbagai produk kosmetik dan
aneka jenis perawatan dipakai secara berulang secara rutin dari ujung rambut
sampai ujung kaki. Semuanya itu dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang
prima.
Tinggal di daerah tropis
seperti di Indonesia ini, dimana matahari bersinar sepanjang hari, sepanjang
tahun. Biasanya dalam iklim seperti ini menyebabkan kulit akan lebih
berkeringat dan berminyak. Selain itu juga akan cepat memicu pembentukan pigmen
yang lebih banyak. Dalam kondisi seperti ini, memungkinkan terjadinya berbagai
masalah kesehatan dan kecantikan kulit.
Namun kita tak perlu
khawatir, sebab masalah kesehatan dan kecantikan kulit selalu dapat dicegah.
Biasanya munculnya masalah pada kulit dikarenakan, masih banyak yang belum bisa
terlayani secara optimal, kurangnya perawatan yang harus dilakukan sejak dini,
kesenjangan pengertian tentang kesehatan kulit, harga mahal, dsb.
Di satu sisi, Indonesia
memiliki iklim tropis yang mudah memunculkan masalah kesehatan kulit, tetapi
disisi lain, juga banyak memiliki, kekayaan dan keanekaragaman hayati yang
terkandung di bumi pertiwi. Kekayaan-keayaan alami yang sifatnya herbal itu
telah lama dimanfaatkan oleh generasi terdahulu, untuk menjaga kesehatan dan
kecantikan kulit dan wajah. Bahkan hingga saat ini budaya dan tradisi perawatan
kulit itu telah diakui dan dipakai untuk perawatan modern di dunia.
Dalam memanfaatkan
kekayaan lama dan cara-cara tradisi perawatan kesehatan dan kulit para leluhur,
maka di Jogja pada tanggal 11 Agustus 2012 telah berdiri pusat perawatan
kecantikan kulit yang bernama naavagreen Natural Skin Care. Semua proses
perawatan dan produknya menggunakan bahan-bahan alami/natural. Keuntungan lain
yang dapat diperoleh di naavagreen adalah, selain tentunya dengan biaya yang
lebih murah, juga kualitas produk yang prima, dan pelayanan yang ramah serta
pelayanan dokter yang profesional.
3.
Alamat Usaha
Yogya Cendrawasih: Jl. Cendrawasih Kompleks Colombo No. 5 Yogya Kusumanegara: Jl. Kusumanegara No. 183 Yogya Kotabaru: Jl. Supadi No. 13 Kotabaru Yogya Godean: Jl. Godean Km. 4 Yogyakarta Garut: Jl. Papandayan No. 101 Garut Wonosobo: Ruko Bhantos No. 3-5 Jl. Bhayangkara Wonosobo Malang: Jl. Brigjend Slamet Riyadi No. 165 A Malang Indramayu: Jl. DI Panjaitan No.44 Indramayu Madiun: Ruko Sun City Festival Blok A5-A6 Jl. S. Parman No. 8 Madiun Semarang: Jl. Kaligarang No. 7 Barusari Semarang Solo: Jl. Yosodipura No. 99 Mangkubumen Solo Jakarta: Jl. Tanjung Duren Raya No.137 A-C, Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat Mojokerto: Jl. Bhayangkara No. 103 Mojokerto Surabaya: Jl. Bali No. 9 Gubeng Surabaya
4.
Waktu Operasional
Waktu operasianal tempat perawatan skin care Navagreen:
Senin-Sabtu Jam 09.00-18.00
Minggu Jam 09.00-16.00
Khusus Minggu akhir bulan libur.
PEMBAHASAN
1.
Landasan Teori
·
Bisnis adalah usaha perdagangan
yang dilakukan oleh sekelompok orang yang teroganisasi untuk mendapatkan laba
dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuki kebutuhan
konsumen.
·
Segmentasi pasar adalah
pengelompokan dari pasar-pasar berdasarkan tingkat pendapatan calon konsumen.
Segmentasi dibagi menjadi 4 yaitu : segmentasi bawah (pertimbangan harga),
segmentasi menengah (pertimbangan kualitas dulu dibandingkan harga), segmentasi
atas (pertimbangan gengsi), dan segmentasi atas sekali (untuk kalangan premium)
·
Tahapan-tahapan yang dilakukan
dalam melakukan segmentasi pasar:
-
Buatlah semua daftar segmentasi
yang ada.
-
Tentukan segmentasi pasar pilihan
anda.
(pilih segmentasi pasar yang masih sepi pemain, pilih segmen pasar yang
paling anda kuasai, pilih segmentasi pasar yang prospeknya masih terus
berkembang, tentukan pasar utama dan pasar pendukung bagi usaha anda)
-
Tentukan ketepatan bagi segmentasi
anda
(tepat produknya, tepat harganya, tepat distribusinya, tepat promosinya)
·
Promosi adalah cara produsen
mengenalkan jasa, barang atau produknya kepada calon konsumen agar berminat
membeli produknya.
·
7 manfaat promosi :
- Mengenalkan
produk baru.
- Mencari
pembeli dan pelanggan baru.
- Menjaga
brand atau image produk.
- Meningkatkan
omset usaha.
- Media
komunikasi.
- Mempertahankan
kepercayaan konsumen.
- Memperluas
jaringan koneksi konsumen
2. Ide / Alasan Memilih objek perawatan
navagreen skine care
·
Produk berkualitas
·
Produk natural / alami
·
Hasil memuaskan tetapi membutuhkan
waktu yang lama karena menggunakan produk alami
·
Kualitas produk teruji
·
Medical pelling dilakukan langsung oleh dokter ahli
·
Konsultasi dokter kecantikan
tersedia
·
Harga terjangkau
·
Pelayan memuaskan dan maksimal
3.
Segmentasi Pasar
· Jenis-jenis segmentasi pasar:
-
Segmentasi bawah (ibu rumah tangga kalangan menengah
dibawah, pelajar)
-
Segmentasi menengah (mahasiswa, pegawai kantor)
-
Segmentasi atas (pegawai negeri, istri pejabat)
-
Segmentasi atas sekali (sosialita)
· Bauran pemasaran :
a)
Tinjauan Produk (Product)
dan Daftar Harga (Price)

Daftar
produk yang ditawarkan oleh Navagreen
Skin Care :
- Cream Pagi
- Cream Malam
- Facial Wash
- Skin Toner
- Krim Mata
- Tirai / Sunblok
Daftar jenis perawatan yang di
tawarkan :
- Facial Natural
- Facial for Acne
- Facial for Anti Aging
- Facial for Brightening
-
Facial for Sensitive Skin
-
Peeling for Acne
-
Peeling for Brightening
-
Peeling for Anti Aging
-
Natural Micro Peeling
- Red & Blue Bio Light Therapy
b)
Daftar produk harga yang ditawarkan oleh Navagreen
SkineCare :
- Cream Pagi : Rp. 25.000,-
- Cream Malam : Rp. 25.000,-
- Facial Wash : Rp. 17.500,-
- Skin Toner : Rp. 15.000,-
- Krim Mata : Rp. 25.000,-
- Tirai / Sunblok : Rp. 60.000,-
Daftar jenis perawatan yang di
tawarkan :
- Facial Natural : Rp. 40.000,
- Facial for Acne : Rp. 60.000,-
-
Red & Blue Bio Light Therapy : Rp. 85.000,-
c) Tinjauan Promosi
Promosi
yang dilakukan :
- Melalui brosur
- Media social (web, fb, twitter,
instagram, dll )
- Seminar tentang perawatan kecantikan
- Dari konsumen ke calon konsumen
d) Tinjauan Tempat (Place)
Navagreen
skin care memilih tepat yang strategi di setiap cabangnya. Sebagai contoh
di cabang solo letak sangat strategis
dekat dengan mall, dekat dengan TKdan SD IT, SMK, dan dekat dengan jalan raya.
· Strategi Pemasaran
Dengan
membuat promo-promo yang menarik bonus-bonus atau potongan harga agar konsumen menarik dan memilih
navagreen utuk perawatan mereka, membuat/ mendesain ruangan perawatan semenarik
dan senyaman mungkin, membuat iklan yang
mudah diingat oleh konsumen.
5.
Analisis Pesaing
Faktor
yang mempengaruhi tingkat persaingan usaha ini yaitu kualitas produk dan harga.
Banyak skincare di sekitar menjual produk perawatan yang beragam, namun dengan konsep
tiga harmoni yaitu natural, berkualitas dan harga murah maka naavagreen akan
membuat skincare yang berbeda dari yang lain.
6.
Rencana Jangka Pendek
- Menjaga
kualitas produk.
- Menciptakan
perawatan wajah yang lebih berinovasi dan canggih.
- Mengutamakan
pelayanan yang cepat, tepat dan profesional.
- Memberikan
pelayanan dengan sepenuh hati dari dokter dan seluruh karyawan.
- Menjaga
kepercayaan pelanggan.
7.
Rencana Jangka Panjang
Dikarenakan skincare
Naavagreen yang semakin diminati oleh konsumen maka akan dilakukan pembukaan
cabang baru di kota lain seperti Bojonegoro, Denpasar, Kediri, Purwokerto dan
Bandung (Jl. Gatot Subroto).
8. KKesimpulan
Menurut
kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan , itu terbukti
dari beberapa cabang yang sudah mulai di buka. Kami sangat yakin bahwa usaha
ini akan maju ,berkembang, dan akan
membuka cabang-cabang baru lainya tentunya didorong dengan kualitas produk yang
lebih bagus, menejemen yang semakin kompak, pelayan
an yang semakin memuaskan. Ditambah di era modern seperti ini banyak orang yang menganggap perawatan wajah sangatlah penting, sangat membantu menunjang penampilan mereka saat bekerja dan meenuhi tuntutan di era modern saat ini. Hadiah terbaik dari alam dan senangnya punya kulit bersih, sehat alami itulah Naavagreen skincare.
an yang semakin memuaskan. Ditambah di era modern seperti ini banyak orang yang menganggap perawatan wajah sangatlah penting, sangat membantu menunjang penampilan mereka saat bekerja dan meenuhi tuntutan di era modern saat ini. Hadiah terbaik dari alam dan senangnya punya kulit bersih, sehat alami itulah Naavagreen skincare.
No comments:
Post a Comment