Wednesday, 16 November 2016

Makalah tentang Navagrean Skin care







SKIN CARE NAAVAGREEN


Budi Istiyanto,SE,MM,MH Elia Ardyan,SE,MBA Hestin Mutmainah,SE,MM Heny ...
 









Disusun Oleh :
Miftah Ismi Sahid 15.22.0043
Wahyu Fitriyani 15.22.0046
Danan Widiarti 15.22.0027
Rejeki Pratama 15.22.0044
Lia Sri Keswari 15.22.0022
Nia Avila 15.22.0037

D3 AKUNTANSI REG. 2
            SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SURAKARTA
TAHUN ANGKATAN 2015/2016





KATA PENGANTAR

            Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan suatu anugerah pada kami sehingga kami  dapat menyusun tugas makalah tentang Analisi Usaha Perawatan “ NAVA GREEN SKIN CARE “  Karena itu kami berterima kasih kepada pengajar yang telah memberikan kami pelajaran mengenai pengantar bisnis. Didalam makalah ini kami akan menjelaskan salah satu contoh Usaha Skin Care “Nava Green Skin Care” mengenai sejarah berdirinya usaha, bagaimana cara pemasaran, jenis perawatan yang ditawarkan, jenis produk yang ada, keunggulan produk, serta manfaat setiap produk . Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan lewat makalah ini dan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.


Surakarta, 15 Desember 2015


Penulis





           





PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan jaman banyak tempat perawatan tubuh atau skin care yang bermunculan. Dari beberapa skin care tentunya ada nilai lebih dan kurang dari setiap produknya. Contohnya Ella skin care, Navagreen skin care, Larissa, LBC, Natasha. Dan konsumen dapat memilih sesuai dengan kualitas, hasil, dan manfaat dari perawatan yang dipilih. Dari beberapa pengamatan kualitas skin care kelompok kami memilih menganalisis Navagreen skin care dengan alasan Navagreen skin care produknya alami dan natural. Tidak banyak mengandung bahan kimia dan hasilnya memuaskan. Dan dari segi pelayanan bagus dan ramah.
2.    Sejarah Usaha

      Perawatan kesehatan badan dan kecantikan kulit sudah dilakukan oleh masyarakat kita sejak dulu kala. Bahkan di masyarakat, proses perawatan itu sudah menjadi budaya dan tradisi yang sejak dulu ada. Kemudian dalam perkembangannya, pada sekitar abad ke 19, masyarakat mulai dikenalkan dengan proses perawatan dengan pemakaian kosmetik, semuanya itu memiliki tujuan yang sama, yaitu selain untuk kecantikan juga untuk kesehatan.
      Memasuki jaman teknologi seperti saat ini, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa produk kosmetik dan perawatan yang sehat dengan menggunakan kemajuan teknologi sangat diperlukan oleh manusia, baik laki laki maupun perempuan. Berbagai produk kosmetik dan aneka jenis perawatan dipakai secara berulang secara rutin dari ujung rambut sampai ujung kaki. Semuanya itu dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang prima.
      Tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia ini, dimana matahari bersinar sepanjang hari, sepanjang tahun. Biasanya dalam iklim seperti ini menyebabkan kulit akan lebih berkeringat dan berminyak. Selain itu juga akan cepat memicu pembentukan pigmen yang lebih banyak. Dalam kondisi seperti ini, memungkinkan terjadinya berbagai masalah kesehatan dan kecantikan kulit.
      Namun kita tak perlu khawatir, sebab masalah kesehatan dan kecantikan kulit selalu dapat dicegah. Biasanya munculnya masalah pada kulit dikarenakan, masih banyak yang belum bisa terlayani secara optimal, kurangnya perawatan yang harus dilakukan sejak dini, kesenjangan pengertian tentang kesehatan kulit, harga mahal, dsb.
      Di satu sisi, Indonesia memiliki iklim tropis yang mudah memunculkan masalah kesehatan kulit, tetapi disisi lain, juga banyak memiliki, kekayaan dan keanekaragaman hayati yang terkandung di bumi pertiwi. Kekayaan-keayaan alami yang sifatnya herbal itu telah lama dimanfaatkan oleh generasi terdahulu, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah. Bahkan hingga saat ini budaya dan tradisi perawatan kulit itu telah diakui dan dipakai untuk perawatan modern di dunia.
      Dalam memanfaatkan kekayaan lama dan cara-cara tradisi perawatan kesehatan dan kulit para leluhur, maka di Jogja pada tanggal 11 Agustus 2012 telah berdiri pusat perawatan kecantikan kulit yang bernama naavagreen Natural Skin Care. Semua proses perawatan dan produknya menggunakan bahan-bahan alami/natural. Keuntungan lain yang dapat diperoleh di naavagreen adalah, selain tentunya dengan biaya yang lebih murah, juga kualitas produk yang prima, dan pelayanan yang ramah serta pelayanan dokter yang profesional.
3.    Alamat Usaha

Hasil gambar untuk naavagreen
  
Yogya Cendrawasih: Jl. Cendrawasih Kompleks Colombo No. 5  Ÿ Yogya Kusumanegara: Jl. Kusumanegara No. 183 Ÿ  Yogya Kotabaru: Jl. Supadi No. 13 Kotabaru Ÿ Yogya Godean: Jl. Godean Km. 4 Yogyakarta Ÿ Garut: Jl. Papandayan No. 101 Garut Ÿ Wonosobo: Ruko Bhantos No. 3-5 Jl. Bhayangkara Wonosobo Ÿ Malang: Jl. Brigjend Slamet Riyadi No. 165 A Malang Ÿ Indramayu: Jl. DI Panjaitan No.44 Indramayu Ÿ Madiun: Ruko Sun City Festival Blok A5-A6 Jl. S. Parman No. 8 Madiun    Ÿ Semarang: Jl. Kaligarang No. 7 Barusari Semarang Ÿ Solo: Jl. Yosodipura No. 99 Mangkubumen Solo Ÿ Jakarta: Jl. Tanjung Duren Raya No.137 A-C, Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat Ÿ Mojokerto: Jl. Bhayangkara No. 103 Mojokerto Ÿ Surabaya: Jl. Bali No. 9 Gubeng Surabaya

4.      Waktu Operasional


 Hasil gambar untuk jam operasional naavagreen solo



Waktu operasianal tempat perawatan skin care Navagreen:
Senin-Sabtu Jam 09.00-18.00
Minggu Jam 09.00-16.00
Khusus Minggu akhir bulan libur.










PEMBAHASAN

1.    Landasan Teori
·   Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang teroganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuki kebutuhan konsumen.
·   Segmentasi pasar adalah pengelompokan dari pasar-pasar berdasarkan tingkat pendapatan calon konsumen. Segmentasi dibagi menjadi 4 yaitu : segmentasi bawah (pertimbangan harga), segmentasi menengah (pertimbangan kualitas dulu dibandingkan harga), segmentasi atas (pertimbangan gengsi), dan segmentasi atas sekali (untuk kalangan premium)
·   Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam melakukan segmentasi pasar:
-    Buatlah semua daftar segmentasi yang ada.
-    Tentukan segmentasi pasar pilihan anda.
   (pilih segmentasi pasar yang masih sepi pemain, pilih segmen pasar yang paling anda kuasai, pilih segmentasi pasar yang prospeknya masih terus berkembang, tentukan pasar utama dan pasar pendukung bagi usaha anda)
-    Tentukan ketepatan bagi segmentasi anda
   (tepat produknya, tepat harganya, tepat distribusinya, tepat promosinya)
·   Promosi adalah cara produsen mengenalkan jasa, barang atau produknya kepada calon konsumen agar berminat membeli produknya.
·   7 manfaat promosi :
- Mengenalkan produk baru.
- Mencari pembeli dan pelanggan baru.
- Menjaga brand atau image produk.
- Meningkatkan omset usaha.
- Media komunikasi.
- Mempertahankan kepercayaan konsumen.
- Memperluas jaringan koneksi konsumen
2.    Ide / Alasan Memilih objek perawatan navagreen skine care
·   Produk berkualitas
·   Produk natural / alami
·   Hasil memuaskan tetapi membutuhkan waktu yang lama karena menggunakan produk alami
·   Kualitas produk teruji
·   Medical pelling dilakukan  langsung oleh dokter ahli
·   Konsultasi dokter kecantikan tersedia
·   Harga terjangkau
·   Pelayan memuaskan dan maksimal

3.    Segmentasi Pasar
·      Jenis-jenis segmentasi pasar:
-          Segmentasi bawah (ibu rumah tangga kalangan menengah dibawah, pelajar)
-          Segmentasi menengah (mahasiswa, pegawai kantor)
-          Segmentasi atas (pegawai negeri, istri pejabat)
-          Segmentasi atas sekali (sosialita)
·      Bauran pemasaran         :
a)    Tinjauan Produk (Product)  dan Daftar Harga (Price)
Hasil gambar untuk jam operasional naavagreen solo
           
Daftar produk yang  ditawarkan oleh Navagreen Skin Care   :


-     Cream Pagi                       
-     Cream Malam                   
-     Facial Wash                      
-    Skin Toner               
-    Krim Mata               
-    Tirai / Sunblok                     


Daftar jenis perawatan yang di tawarkan :


-     Facial Natural                   
-     Facial for Acne
-     Facial for Anti Aging
-     Facial for Brightening      
-     Facial for Sensitive Skin
-    Peeling for Acne
-    Peeling for Brightening
-    Peeling for Anti Aging
-    Natural Micro Peeling
-    Red & Blue Bio Light Therapy


b)      Daftar produk harga yang  ditawarkan oleh Navagreen SkineCare   :
-  Cream Pagi             : Rp. 25.000,-
-  Cream Malam         : Rp. 25.000,-
-  Facial Wash            : Rp. 17.500,-
-  Skin Toner              : Rp. 15.000,-
-  Krim Mata              : Rp. 25.000,-
-  Tirai / Sunblok        : Rp. 60.000,-




Daftar jenis perawatan yang di tawarkan :
-     Facial Natural                                : Rp. 40.000,
-     Facial for Acne                              : Rp. 60.000,-
-     Red & Blue Bio Light Therapy     : Rp. 85.000,-
c)      Tinjauan Promosi
Promosi yang dilakukan :
-    Melalui brosur
-    Media social (web, fb, twitter, instagram, dll )
-    Seminar tentang perawatan kecantikan
-    Dari konsumen ke calon konsumen
d)     Tinjauan Tempat (Place)
Navagreen skin care memilih tepat yang strategi di setiap cabangnya. Sebagai contoh di  cabang solo letak sangat strategis dekat dengan mall, dekat dengan TKdan SD IT, SMK, dan dekat dengan jalan raya.
·      Strategi  Pemasaran      
Dengan membuat promo-promo yang menarik bonus-bonus atau potongan  harga agar konsumen menarik dan memilih navagreen utuk perawatan mereka, membuat/ mendesain ruangan perawatan semenarik dan  senyaman mungkin, membuat iklan yang mudah diingat oleh konsumen.
 


5.    Analisis Pesaing
        Faktor yang mempengaruhi tingkat persaingan usaha ini yaitu kualitas produk dan harga. Banyak skincare di sekitar menjual produk  perawatan yang beragam, namun dengan konsep tiga harmoni yaitu natural, berkualitas dan harga murah maka naavagreen akan membuat skincare yang berbeda dari yang lain.
6.    Rencana Jangka Pendek
-    Menjaga kualitas produk.
-    Menciptakan perawatan wajah yang lebih berinovasi dan canggih.
-    Mengutamakan pelayanan yang cepat, tepat dan profesional.
-    Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati dari dokter dan seluruh karyawan.
-    Menjaga kepercayaan pelanggan.
7.    Rencana Jangka Panjang
                    Dikarenakan skincare Naavagreen yang semakin diminati oleh konsumen maka akan dilakukan pembukaan cabang baru di kota lain seperti Bojonegoro, Denpasar, Kediri, Purwokerto dan Bandung (Jl. Gatot Subroto).
8.    KKesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan , itu terbukti dari beberapa cabang yang sudah mulai di buka. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju ,berkembang, dan  akan membuka cabang-cabang baru lainya tentunya didorong dengan kualitas produk yang lebih bagus, menejemen yang semakin kompak, pelayan
an yang semakin memuaskan. Ditambah di era modern seperti ini banyak orang yang menganggap perawatan wajah sangatlah penting, sangat membantu menunjang penampilan mereka saat bekerja dan meenuhi tuntutan di era modern saat ini. Hadiah terbaik dari alam dan senangnya punya kulit bersih, sehat alami itulah Naavagreen skincare.

No comments:

Sosial Media

Facebook  Google+ Instagram Yahoo